CRAFT AND SEW ESSENTIALS

Happiest Place at Home

Setiap orang pasti memiliki tempat favorit di salah satu sudut rumah dong ya? Tempat yang biasanya kita selalu betah berlama-lama dan hampir melakukan apa saja di tempat tersebut. Entah itu meja kerja, teras, taman, tempat tidur, dapur, atau di sudut lain. Seperti halnya saya pribadi yang suka sekali menghabiskan waktu di meja kerja. Berikut penampakan meja kerja saya yang sempat masuk liputan majalah Folksy beberapa waktu lalu:

Tempat ini nggak begitu luas karena rumah saya memang nggak begitu besar. Tapi memang saya sangat nyaman berlama-lama di tempat ini. Sebenernya fungsi utama tempat ini adalah untuk  bekerja dan bikin-bikin sesuatu yang berhubungan dengan jahit menjahit (crafting). Tetapi selain untuk bekerja, saya suka menghabiskan waktu sendirian di sini, tempat untuk saya “me time” tanpa direcokin suami dan si toddler yang kadang suka rese.

Buat saya, me time sangatlah penting agar  kita selalu happy, nggak stress, dan nggak uring-uringan di sosmed Hihihi. Me time juga ga harus ngeluarin banyak duit dan pergi ke mana-mana. Di rumah pun kita bisa banget lho menciptakan kebahagiaan dan memanjakan diri kita sendiri. Misalnya, hampir setiap hari saya selalu excited untuk bangun pagi-pagi sebelum suami dan si toddler bangun atau rela begadang setelah si toddler tidur hanya untuk menghabiskan waktu di sini, minum kopi, makan, main hp, main gitar, ngulik-ngulik apa aja di internet, nulis-nulis, atau melakukan apa aja yang bikin aku happy.

It’s such a happiest place for me. Nggak cuma saya aja sih, si suami pun juga suka banget numpang kerja di sini karena memang sangat nyaman. Tempat ini menjadi pelipur lara dan pencipta bahagia, dari coba-coba setelah cuci mata dari dunia maya,  dan pemuas dahaga di kala ingin berkarya *tsaahh.

Untuk pegboard-nya (papan putih yang bolong-bolong), itu saya DIY bikin sendiri. Karena saya pengen banget punya meja kerja trus ada pegboard-nya, tapi saya low-budget akhirnya solusinya bikin sendiri :D. Pegboard ini sangat fungsional untuk gantungin printilan-printilan dan sangat berguna untuk saving space. Untuk tutorial dan detail pegboard mungkin saya akan buat postingan sendiri selanjutnya ya. Berikut penampakan meja kerja saat malam hari:

Ini foto diambil tahun lalu sih. Sekarang udah saya mesin jahit hi-speed-nya. Karena memang memakan banyak tempat, nggak portable. Sampai sekarang saya masih bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi saya untuk memiliki workspace dan workshop yang lebih besar. Bisa menampung banyak pegawai. Nggak seperti sekarang cuma seuprit dan para pegawai bekerja di rumah masing-masing. Gapapa sih bekrja di rumah masing-masing, cuma kadang mereka bekerja jadi seenaknya, asal-asalan, dan yang paling nyebelin nggak bisa tepat waktu *jadi curhat 🙁

Selain workspace, tempat favorit di rumah tak lain dan tak bukan adalah KASUR. Ya, karena saya bekerja di rumah, tak jarang pula saya menghabiskan waktu di kasur. Bener-bener MENGHABISKAN waktu kalau udah tersentuh kasur. Yang ini jangan ditiru ya, karena malah bikin kita nggak produktif. Gimana mau produktif kalau udah di kasur kerjaannya main hp dengan dalih ‘mencari inspirasi’ sambil streaming film :(. Sedihnya lagi, suami pun ikut-ikutan, tak lupa si toddler juga pasti ikut-ikutan ‘kruntelan’ di kasur. Yaudah serumah jadi pada males dan nggak produktif.

Kadang saya sedih sih kalau pas lagi ‘sadar’, menyadari bahwa yang saya lakukan di kasur itu sia-sia. Tapi kok ya saya jarang banget sadar dan malah banyak khilafnya :D. Jadi percaya atau nggak setiap hari di rumah saya serasa weekend dan hari libur. Memang pada dasarnya saya dan suami nggak suka bekerja yang ada bosnya, rutinitas waktu bekerja bangun pagi-pagi pulang sore atau malam, dan pakai seragam. It’s a BIG no! Alhasil kami harus berwirausaha. Saya percaya kalau rejeki nggak akan ke mana-mana asal mau berusaha. Nggak harus ke kantor, jadi dokter, ataupun jadi pegawai yang lain. Di rumah pun kita bisa menghasilkan uang asal mau berusaha bekerja keras dan nggak goler-goler di kasur mulu :'(.

 

Playlist pas nulis ini: The Cardigans – Accoustic

Cover album ambil dari sini

1 thought on “Happiest Place at Home”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *