CRAFT AND SEW

[TUTORIAL] MEMBUAT DRAWSTRING POUCH

 

Kantong serut atau biasa disebut dengan drawstring pouch merupakan kantong serba guna yang seringkali digunakan dibandingkan dengan jenis kantong lainnya. Alasannya adalah kantong serut ini sangat simple, praktis, serta sangat mudah dan cepat untuk membuatnya sehingga cocok untuk penjahit tingkat pemula. Kalau mau dijahit tangan juga boleh, dilem pakai lem tembak juga boleh. Ini saya coba buat tutorialnya ya, siapa tau bermanfaat. Maaf kalau foto step-by-step-nya agak burem 😀

 

DRAWSTRING POUCH UKURAN 24 cm x 28 cm

Untuk membuat drawsting pouch ukuran panjang 24 cm dan lebar 28 cm membutuhkan:

  • Kain outer/kain luar ukuran 26 cm x 30 cm
  • Kain inner/kain pelapis bagian dalam ukuran 26 cm x 30 cm
  • Tali kur (atau tali apa saja) untuk serut ukuran 40cm sebanyak 2 potong
  • Stopper tali 2 buah

STEP 1

Jahit bagian sisi panjang satu kain outer dengan satu kain inner. Kain outer sisi bagus (yang ada motifnya) dijahit menghadap ke dalam dengan kain inner. Begitu juga dengan kain outer dan inner yang lain juga sama dijahit bagian sisi panjangnya. Seperti gambar berikut:

STEP 2

Setelah dijahit bagian sisi panjangnya, letakkan kain inner berhadapan dengan kain inner, kain outer berhadapan dengan kain outer. Stelah itu, jahit bagian tepi semua sisi ya. Oh iya jangan lupa sisakan 2 cm bagian tepi di sisi kanan dan kiri kain outer yang berfungsi untuk memasukkan tali nanti. Jangan sisakan sekitar 5 cm di bagian bawah sisi kain inner untuk proses membalik kain.

STEP 3

Balik kain melalui lubang yang telah dibuat di sisi bawah kain inner kemudian rapikan. Jahit lubang sisi bawah kain inner, bisa dijahit pakai mesin bisa juga dijahit pakai tangan dengan teknik blind stitch agar terlihat lebih rapi.

STEP 4

Rapikan bagian atas pouch. Jika ingin terlihat lebih rapi bisa juga disetrika. Kalau saya sih emang dasarnya pemalas jadi ya nggak saya setrika 🙁

STEP 5

Jahit bagian luar di bagian ini:

Fungsi jahitan ini adalah untuk tempat tali ya.

 

STEP 6

Masukkan tali kur dengan bantuan peniti. Sebenarnya ada sih alat untuk bantu masukin tali, Cuma saya nggak punya jadi pakai peniti aja. Stelah dimasukkan kedua talinya dari arah yang berlawanan, masukkan ujung tali ke dalam stopper. Buat simpul agar tali tidak mudah lepas. Jangan lupa bakar sedikit bagian ujung tali agar tali nggak terurai nantinya.

VOILAAA! Drawstring pouch-nya sudah jadi!

Selamat mencoba, ya! Saya boleh di-tag apabila kalian sudah mencoba membuatnya 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *