[TUTORIAL] MEMBUAT PEGBOARD UNTUK ORGANIZE PRINTILAN DI RUANG KERJA

Dari dulu saya selalu memimpikan jika punya rumah nanti harus ada ruang atau tempat khusus untuk menyalurkan hobi saya. Tempat untuk me time dan segala sesuatu yang ada di tempat tersebut adalah milik saya sendiri, nggak boleh ada barang milik orang lain. Terdengar egois ya?:D. Untuk itu, sejak pindah ke rumah saya yang sekarang, saya suka mengumpulkan barang-barang yang akan saya letakkan di ‘ruang kerja’ saya.

Baca: Happiest Place at Home

Setiap ada waktu senggang, saya suka cari-cari inspirasi di Pinterest. Terutama saya sangat tertarik dengan referensi-referensi home decor yang di dalamnya termasuk gimana cara menata ruang kerja, meja kerja, dan juga ruang jahit (craft room). Tak lupa menyisipkan kata kunci “tiny house” dan “small space” karena memang rumah saya nggak besar dan butuh ‘sesuatu’ untuk organize dan saving space. Most of them, di ruangan atau meja kerja yang ada di Pinterest tersebut hampir selalu ada pegboard. Yaitu papan bolong-bolong yang berfungsi untuk meng-organize/menggantung ­printilan-printilan agar terlihat rapi dan juga hemat tempat. Saya tentunya langsung tertarik, dong!

Untuk mengobati rasa penasaran saya, langsung browsing dong di mana ya yang jual pegboard tersebut? Hasilnya NIHIL. Adapun yang jual itu juga importir, tentunya harga jualnya mahal. Ukuran 60cm x 60cm aja dibandrol dengan harga Rp 250.000. kalau saya membutuhkan pegboard ukuran sekitar 100 cm berarti saya harus membeli dua buah pegboard. Mahal juga yaaa, belum lagi ditambah ongkir.

Saya udah tau juga sih kalau pegboard tersebut sebenernya cuma selembar triplek yang dicat doang. Yah gitu aja saya juga bisa dong bikin sendiri. Akhirnya saya memutusan untuk bikin sendiri. Yayy!! Bahannya mudah didapat dan murah-murah kok. Berikut rincian bahan-bahannya ya. Ini untuk pegboard ukuran 100cm x 80cm

BAHAN-BAHAN YANG DIBUTUHKAN:

  • Plywood (triplek) ukuran 100cm x 80cm tebal 1.5 cm
  • Cat tembok (warna sesuai selera)
  • Bor listrik
  • Mata bor ukuran 5 mm
  • Sumpit kayu (biasanya saya dapat dari beli mie ayam) yang berfungsi untuk hook-nya

CARA MEMBUAT:

  1. Triplek lembaran yang dijual di toko bangunan biasanya ukurannya per lembar sekitar 100cm x 120cm atau 100cm x 150cm. Saat membeli triplek, lebih baik minta tolong untuk dipotong sekalian sesuai kebutuhan kita agar nggak repot bawanya dan potong-potongnya.
  2. Triplek yang sudah dipotong ukuran 100cm x 80cm tersebut beri tanda titik-titik di bagian yang akan dibor. Beri jarak 5 cm dari satu lubang ke lubang yang lain. Ini harus telaten sih, karena akan jadi sekitar 800an lubang.
  3. Bor bagian yang sudah diberi tanda. Saya pakai mata bor ukuran 5mm, pokoknya cukup dimasukin sumpit kayu yang biasa udipakai makan mie ayam. Harap bersabar yaa saat ngebor. Bisa minta gantian sama partner kalau kecapekan 😀
  4. Kemudian silahkan dicat. Saya pakai cat tembok biasa warna putih. Oh iya, biasanya habis dicat sebagian lubang akan sedikit tertutup sama cat. Jadi setelah cat kering bisa dibor kembali. Atau tahapannya bisa dibalik. Jadi dicat dulu baru dibor. Terserah aja.
  5. Setelah dicat biarkan kering bebebrapa saat, kira-kira sekitar setengah jam.
  6. Sambil menunggu cat kering, bisa mulai potong-potong sumpit mie ayam. Potong dengan panjang sesuai selera aja. Punya saya satu sumpit saya potong jadi empat.
  7. Voillaa!!! Jadilah pegboard yg selama ini selalu diidam-idamkan semua crafter di dunia ini.
  8. Untuk nempelin ke tembok cukup dipaku aja. Banyaknya paku dikira-kira aja kuatnya sampai berapa paku. Kalau mau kelilingnya dibingkai juga boleh. Tergantung selera kalian. Trus untuk printilan yang kayak ember-ember itu beserta hook-nya yang warna hitam saya beli di IKEA ya.

Gimana? Mudah dan hemat kan bikin pegboard sendiri? Selamat mencoba ya, boleh tag saya kalau udah berhasil bikin. Pegboard ini bisa jadi organizer yang lainnya juga, bisa dipasang di dapur, di garasi, atau di mana aja sesuai kebutuhan, nggak harus dipasang di ruang jahit. Multifungsi kan? Tunggu apalagi, yuk hemat tempat sekaligus percantik tempat kerjamu dengan pegboard!

 

Playlist: Club 8 – Strangely Beautiful

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *