Bikin Ice Caffe Latte Sendiri, Yuk!

Dari dulu saya suka sekali nongkrong di warung kopi, mulai dari yang low end warkop dekat rumah yang harganya cuma dua ribu secangkir, hingga yang high end dengan harga puluhan ribu per cup-nya. Apalagi setahun belakangan ini udah makin menjamur coffee shop, baik yang low end maupun yang high end di mana-mana. Pengeluaran bulanan pun semakin membengkak cuma gara-gara beli kopi. Alhasil saya pun berpikir bagaimana cara menikmati es caffe latte favorit saya tersebut tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam. Caranya adalah BIKIN SENDIRI.

Yap. Waktu itu saya Googling bahan-bahan es caffe latte itu apa aja sih sebenernya. Pas udah tau bahannya, saya dalam hati langsung, “Ah elahhhh ini doang bahannya? Gini doang bikinnya?”. Terus pas pertama kali nyobain bikin dan nyicipin rasanya, ya Allohhh saya harusnya waktu itu sujud syukur saking terharunya bisa bikin caffe latte dengan rasa yang PERSIS seperti es caffe latte yang dijual di warung kopi high end itu. Sampai si partner yang semula bukan “coffee person” mendadak jadi suka banget minta dibuatin es caffe latte. Sejak saat itu juga saya jadi ketagihan bikin sendiri sampai kadang saya hangover gara-gara kebanyakan minum kopi. Yang paling penting sih saya jadi jarang beli es kopi di coffee shop yang mahal itu. Mayan lah yaa jadi bisa sedikit lebih hemat :D.

Baiklah, berikut resep homemade ice caffe latte ala saya. Oh iya, semuanya saya pakai bahan-bahan  instan ya. Kalau mau nge-brew sendiri untuk bikin espresso-nya ya silahkan aja, suka-suka kalian.

Bahan-bahan untuk membuat satu gelas ice caffe latte:

  • ½ gelas Es batu
  • 2 sachets kopi bubuk, merk apa aja boleh, tapi menurut saya yang paling enak pakai Nescafe original ini.
  • 1 sachet SKM (Susu Kental Manis), merk apa aja boleh.
  • 125 ml susu UHT, merk apa aja boleh. kalau kepengen ada rasa gurihnya coba pakai yang coconut delight.

Cara membuat:

  • Buat espresso-nya terlebih dahulu dengan menyeduh dua sachets Nescafe original (4 gram) dengan sedikit air panas. Saya menyeduhnya dengan setengah cangkir air panas.
  • Letakkan es batu dalam gelas. Tuang espresso-nya.
  • Tuangkan 1 sachet SKM. Nanti SKM-nya akan kelihatan mengendap di bawah espresso. Bagus banget ini dilihat, cuman saya kelupaan nggak fotoin huhuhu maaf ya!
  • Kemudian tuangkan susu UHT pelan-pelan agar kelihatan layers-nya mulai dari SKM, espresso, es batu, dan susu.
  • Terakhir, aduk-aduk. Jadi deh!

Kalau cuma gitu doang sih anak kecil aja juga bisa kok bikinnya. Nggak ada susahnya sama sekali. Kalau lebih suka pahit banyakin perbandingan takaran espresso-nya. Kalau nggak suka pahit bisa dikurangin espresso-nya, ditambah aja perbandingan takaran SKM atau susu UHT-nya. Bebas sih, silahkan dicoba-coba sendiri. Tapi menurut saya perbandingan takaran yang saya buat di atas adalah yang paling persissss sama rasa es caffe latte yang biasa kita beli di coffee shop high end. Nggak tau juga ya kalau beda tangan, beda rasa :p.

Selamat mencoba, ya! :*

 

Playlist sambil bikin es kopi siang ini:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *