MOTHERHOOD OTHERS THOUGHTS

5 REKOMENDASI KADO LOW BUDGET UNTUK HARI IBU

Di Indonesia, Hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember. Biasanya pada hari tersebut, selain memberikan ucapan selamat, kita juga bisa memberikan hadiah atau kado spesial kepada ibu. Tak jarang juga kita merasa bersalah kepada ibu karena saat Hari Ibu tiba, tetapi kita tidak bisa memberikan apa-apa karena kita sedang bokek. Untuk itu, berikut adalah rekomendasi kado yang low budget alias murah meriah yang bisa kita berikan atau lakukan untuk ibu.

  1. Memberikan Hari Libur untuk Ibu

Membebaskan ibu dari tugas-tugas di rumah sebenarnya merupakan hal yang terlihat remeh, tapi sangat berarti untuk ibu. Banyak yang mengira bahwa menjadi ibu rumah tangga biasa, bukan wanita karir, merupakan hal yang mudah, tidak butuh tenaga atau pikiran berat, dan tidak pernah dihitung sebagai pekerjaan. Padahal, menjadi IRT sangatlah capek, tidak mudah, dan nyaris tidak pernah ada hari libur. Apalagi untuk ibu-ibu yang juga bekerja serta tidak pernah dibantu oleh suami atau anak-anaknya dalam mengurus rumah. Bukankah capeknya akan berlipat-lipat? Untuk itu, memberikan hari libur untuk ibu bisa jadi pilihan sebagai hadiah. Kita bisa menggantikan tugas-tugas ibu di rumah agar ibu bisa istirahat sejenak.

  1. Quality Time Bersama Ibu

Menghabiskan waktu bersama ibu sebenarnya ngga perlu menunggu Hari Ibu juga, ya, seperti halnya membantu pekerjaan ibu di rumah yang tidak perlu menunggu Hari Ibu. Namun, saya yakin banyak dari kita yang sejak beranjak dewasa hubungan kita dengan ibu menjadi ngga sedekat dulu. Nah, menghabiskan waktu bersama ibu bisa menjadi pilihan sebagai hadiah dan juga bisa menjadi momen di mana kita bisa merasa lebih dekat kembali dengan ibu. Mungkin awalnya kita akan merasa canggung, tapi bisa lah ya kita turunkan sedikit ego untuk PDKT kepada ibu. Saya yakin ibu akan “welcome” dengan usaha kita.

Menemani Ibu Menonton Film atau Drama Favorit bisa jadi pilihan quality time Bersama ibu. Apabila ibu hobi menonton sinetron, film, atau K-Drama, bisa nih kita temani ibu sambil ngobrol-ngobrol dan makan snack kesukaan ibu. Kegiatan ini sebenernya sering saya lakukan bersama ibu, kadang bersama mertua di akhir pekan. Meski kelihatan sepele, tapi ibu dan mertua saya merasa senang saat saya temani menonton. Karena mereka biasa menonton sendirian, jadi apabila ada teman untuk menonton, pasti seneng banget, kan? Asal apa yang kita tonton adalah yang disukai oleh ibu, bukan kesukaan kita sendiri, ya. Bisa juga sebelum nonton, kita ajak ibu bareng-bareng pilih apa yang mau kita tonton bersama-sama.

  1. Memasak Makanan Favorit Ibu

Meski kita semua tahu bahwa tidak ada makanan yang lebih enak daripada masakan ibu kita sendiri, tetapi boleh juga, lho, sekali-kali kita masakin makanan favorit ibu. Saya yakin ibu kita akan melihat dan menghargai usaha kita, bukan hanya rasa masakan kita. Seperti ibu saya yang seorang chef, tapi beliau selalu senang setiap saya masakin. Awalnya saya minder dan takut karena memberi makanan yang saya masak sendiri ke ibu sama deg-degannya seperti mengikuti Master Chef ☹. Untungnya ibu saya selalu menghargai usaha anaknya, bukan tipe ibu-ibu yang judgemental dan julid, jadi aman. Hehe.

  1. Membuat Presentasi yang Berisi Foto-foto Kita Bersama Ibu

Mungkin terdengar agak aneh, ya, karena kita biasanya presentasi di sekolah, kampus, atau di depen klien. Masa iya kita presentasi di depan ibu? Ngapain gitu, lho? Namun jangan salah, ya, meski terdengar aneh, tapi saya yakin ibu akan terharu banget. Apalagi kalau kita tampilkan foto-foto kita masa kecil. Jangankan ibu kita, saya sendiri aja tiap lihat foto-foto anak saya waktu masih kecil, saya suka terharu :D. Jadi, kita bisa tampilkan foto-foto bersama ibu sembari kita bercerita dan mengenang hal-hal apa saja yang kita lalui bersama ibu di foto tersebut. Selain membuat presentasi, kita juga bisa pakai album foto. Kalau cuma lihat-lihat dari hp, saya rasa kurang greget dan kelihatan ngga ada effort.

Baca Lagi: Rekomendasi Merk Mesin Jahit untuk Pemula

  1. Memberikan Barang yang Sedang Dibutuhkan oleh Ibu

Kita bisa tanyakan kepada ibu barang apa yang kira-kira sedang dibutuhkan oleh ibu. Misalnya, peralatan memasak, pakaian, make-up, kacamata, sembako, alat ibadah, sprei dan sarung bantal, mesin jahit, atau yang lain. Kalau kita punya budget-nya, boleh kita belikan barang tersebut sebagai kejutan atau bisa juga langsung ajak ibu untuk membeli barang impiannya bersama-sama agar bisa pilih sendiri.

Sebenarnya lima poin di atas bisa kita lakukan kapan saja bersama ibu, tidak perlu menunggu saat Hari Ibu tiba. Namun, terkadang keadaan kita yang tidak memungkinkan untuk sering-sering melakukan kegiatan atau memberikan hadiah tersebut di atas. Maka dari itu, mumpung akan tiba peringatan Hari Ibu, yuk bisa yuk kita berikan sedikit perhatian kita kepada ibu kita tercinta. Saya yakin tanpa memberikan sesuatu yang mahal, kehadiran kita pun akan sangat berarti buat beliau.

Selamat Hari Ibu untuk semua ibu-ibu hebat. Meski kadang kita, para ibu, tidak merasa sehebat ibu-ibu lain di luar sana, merasa tidak memiliki pencapaian-pencapaian yang “wow”, tapi percayalah kita adalah sosok terhebat yang sangat dikagumi oleh anak-anak kita. Because, there is no love greater than mother’s love.

Hits: 60

Leave a Reply