SEWING TOOLS

REKOMENDASI MERK MESIN JAHIT UNTUK PEMULA

Memilih mesin jahit yang cocok untuk kita pakai sehari-hari itu susah-susah gampang. Karena harga mesin jahit itu ngga murah, tentu saja kita ngga mau kan sudah teranjur beli mahal-mahal ternyata ngga cocok dengan kebutuhan kita? Yang ada malah buang-buang uang. Huhu!

Saya lupa ternyata tulisan saya tentang tips memilih mesin jahit untuk pemula setahun yang lalu tidak sekalian saya beri rekomendasi merk mesin jahit apa saja yang cocok dipakai untuk pemula. Alhasil, banyak yang mengirim email ke saya dan menanyakan kira-kira merk mesin jahit apa saja ya yang cocok bagi para pemula? Ngga sedikit juga yang bertanya kalau saya sendiri setiap hari jahit pakai mesin apa?

BACA LAGI: TIPS MEMILIH MESIN JAHIT UNTUK PEMULA

Balik lagi ya ke tujuan awal kira-kira beli mesin jahit mau dipakai untuk apa? Apakah hanya akan dipakai sehari-hari untuk sekadar memperbaiki baju-baju yang sobek? Apakah akan digunakan untuk menyalurkan hobi membuat baju dan juga produk craft seperti pouch, tas, atau masker? Apakah akan digunakan untuk usaha konveksi? Atau hanya untuk pajangan di rumah?:D. Kalau saya sendiri memiliki lima mesin jahit yaitu mesin jahit jadul Butterfly,  Janome NS 311A, SInger SImple 3210, Singer Curvy 8770, dan Typical GC 628D. Terus, merk dan tipe mesin jahit apa saja dong yang paling recommended? Berikut saya rekomendasikan beberapa merk dan tipe mesin jahit yang menurut saya cocok bagi pemula, bisa dipakai untuk menjahit apa saja, dan yang paling penting harganya yang lumayan terjangkau.

MESIN JAHIT MANUAL JADUL SINGER/BUTTERFLY

Mesin jahit jadul ini sebenarnya mesin jahit yang paling recommended. Dulu waktu saya pertama kali belajar menjahit, saya juga pakai mesin jahit manual jadul merk Butterfly. Kelebihan dari mesin jahit ini adalah, kita ngga butuh listrik saat memakainya. Karena bener-bener masih manual dijalankan dan dikendalikan pakai kaki dan tangan aja.

Selain itu, mesin jahit manual lebih mudah dikendalikan speed-nya. Kadang saat kita memakai mesin jahit dinamo, kita terlalu kencang injak pedalnya. Alhasil, bagi pemula yang baru banget belajar jahit akan ketakutan dan ngga jadi belajar karena udah ngeri duluan. Hahaha! Tapi mesin jahit ini bisa juga dipasang dinamo tambahan, lho. Jadinya pakai listrik dan speed-nya bisa lebih cepat. Misalnya kalau udah agak jago dan pengin spee yang agak kenceng, bisa dipasang dinamo. Tinggal dibawa aja mesinnya ke toko mesin jahit untuk dipasang dinamonya.

Oh iya, yang paling penting mesin jahit manual jadul Butterfly atau Singer ini sangat cocok dipakai untuk belajar menjahit lurus atau belajar membiasakan tangan meluruskan jahitan. Kelihatannya sepele ya menjahit lurus aja kok pakai belajar dan harus dibiasakan segala, bukannya tinggal injek pedal akan lurus sendiri? Namun kenyataannya ngga semudah itu. Bagi yang sudah pernah belajar jahit, apalagi belajarnya di tempat kursus, pasti tau struggling-nya belajar meluruskan jahitan itu seperti apa susahnya? Nah, mesin jahit ini cocok untuk itu karena kita bisa dengan mudah mengendalikan laju mesin jahitnya agar lebih mudah mengendalikan tangan kiri yang pegang kain dan pelan-pelan mengatur lurusnya  jahitan. Kalau masih bingung maksudnya ap, silahkan lihat di YouTube aja ya cara belajar menjahit lurus memakai mesin jahit jadul :D.

Kekurangan dari mesin ini adalah, jenis jahitan hanya satu yaitu lurus aja, ngga ada variasi lain. Model mesin jahit juga gede banget, susah dan berat saat mau pindah-pindahin. Tapi oke juga sih ya kalau mau sekalian untuk hiasan di rumah karena modelnya yang unik dan khas jadulnya.

MESIN JAHIT PORTABLE JANOME NS 311A

Bagi para pemula, jenis mesin jahit portbale merupakan jenis mesin jahit yang lebih banyak dicari daripada mesin jahit jadul yang terkesan nenek-nenek banget. Faktor utama karena mesin jahit portable itu bentuk dan warnanya tentu saja lucu-lucu dan eye-catching. Lebih enak aja dilihat saat mesin jahitnya ditaruh di atas meja :D. Begitu juga dengan saya, dulu waktu pertama kali akan beli mesin jahit portable, yang membuat saya kepincut pertama kali tentu saja karena modelnya dan warnanya bagus, putih bersih.

Setelah saya baca review sana sini, saya memutuskan untuk membeli mesin jahit portable Janome NS 311A ini. Alasan beli ini dulu selain modelnya bagus warna putih dan ada bunga-bunganya, mesin jahit ini harganya paling murah jika dibandingkan dengan merk dan tipe mesin jahit portable lain, dan ternyata kualitasnya sangat bagus, lho. Terbukti hingga sekarang punya saya masih awet, ngga pernh rusak sama sekali padahal sudah berumur 7 tahun.

Jika dibandingkan dengan mesin jahit portable Singer Simple, mesin jahit Janome ini body-nya lebih kokoh. Dalamnya ada rangka besinya yang bikin anteng ngga goyang-goyang saat dipakai. Buat jahit bahan kanvas juga kuat dan rapi. Ada beberapa variasi model/fitur jahitan, bisa juga untuk membuat lubang kancing. Jadi mesin jahit ini cocok apabila digunakan untuk merintis usaha craft atau butik. Ngga bakal rugi, deh!

MESIN JAHIT PORTABLE SINGER SIMPLE 3223

Mesin jahit Singer Simple tipe 3210, 3220, 3232, 3221,3223, dan 3229 merupakan mesin jahit merk Singer yang harganya paling murah. Saya rasa semua juga tahu ya merk Singer sangat terkenal dan best seller. Jadi ngga heran kalau tipe paling sederhana saja harga juga sudah lumayan di atas 2 juta :D. Dulu sebelum terjun di dunia jahit-menjahit, saya juga taunya mesin jahit ya merk Singer. Saya kira merk Singer adalah merk mesin jahit yang paing bagus. Ternyata saya salah. Selain merk Singer, banyak banget merk lain yang ngga kalah bagus atau malah lebih bagus kualitasnya dengan harga yang lebih murah. Janome NS 311 A tadi contohnya.

Fitur mesin jahit Singer Simple 3223 ini sebenernya ngga jauh beda dengan mesin jahit Janome di atas. Hanya saja mesin jahit ini memiliki beberapa pilihan warna yang lucu-lucu. Ada putih, pink, tosca, dan kuning. Saya juga pakai mesin jahit Singer Simple namun edisi sebelumnya yang warna putih tipe 3210. Saya pakai mesin ini untuk mengajari teman-teman atau saudara yang pengen belajar menjahit. Speed-nya yang slow sangat cocok untuk dipakai para pemula. Dulu saya beli juga karena penasaran aja sih sama portable-nya Singer yang tipe paling murah. hihihi!

Kalau mau membandingkan mesin jahit Singer Simple ini dengan Janome NS 311A, saya lebih suka memakai Janome NS 311A. Karena memang mesin jahit Singer Simple ini menurut saya ga bisa anteng, goyang-goyang saat dipakai. Memang bahannya plastik fiber, bukan rangka besi seperti Janome. Namun bagi pencinta mesin jahit merk Singer jangan berkecil hati, mesin jahit Singer Simple yang memiliki pilihan warna lucu-lucu ini bisa dijadikan pilihan untuk menarik minat anak atau siapa saja agar mau belajar menjahit. Siapa sih yang ngga suka dengan warnanya yang eye-catching banget itu? Dengan melihat mesin jahit warna warni ini, anak atau siapa saja yang awalnya ngga pengin belajar jahit jadi tertarik kan belajar jahit?:D. Gampang deh nanti upgrade ke tipe lain yang lebih bagus dan lebih mahal, yang penting bisa jahit aja dulu. Hihihi!

MESIN JAHIT PORTABLE BROTHER GS2700

Mesin jahit portabe Borther GS2700 banyak digunakan di kalangan para crafter dan penjahit baju dalam maupun luar negeri. Dengan harga yang lumayan terjangkau dan dengan fitur jahitan yang banyak, mesin jahit ini sudah lebih dari cukup untuk digunakan bagi para pemula maupun yang sudah mahir. Salah satu fiturnya yang manarik adalah mesin jahit ini bisa membuat lubang kancing dalam satu langkah. Berbeda dengan mesin jahit Janome dan Singer di atas yang membutuhkan empat langkah saat membuat lubang kancing. Fungsi ini membuat mesin jahit Brother GS2700 jauh lebih praktis dan menghemat waktu saat pembuatan kemeja yang membutuhkan banyak lubang kancing. Selain itu, mesin jahit Brother GS2700 memiliki drop-in bobbin yang menghadap ke atas dan berada di atas sehingga lebih memudahkan kita saat mengganti atau mengontrol bobbin.

 

MESIN JAHIT PORTABLE SINGER HEAVY DUTY 4432

Meski harga rada mahal lebih dari 3 juta, mesin jahit portable Singer Heavy duty, tipe apa saja, sangar worth to buy. Mesin jahit ini cocok digunakan untuk menjahit bahan-bahan yang tebal. Misal mau bikin-bikin tas dari bahan kulit, kanvas tebal, dan bahan jeans,  bisa pakai mesin jahit heavy duty ini. Ada beberapa tipe Singer Heavy Duty ini di antaranya, 4423, 4411, 4432, dan 4452. Namun dari sekian tipe Singer Heavy Duty, tipe 4432 ini lah yang paling kokoh dan kuat. Speed ngga begitu kenceng, cocok juga untuk para pemula yang baru banget belajar menjahit. Cuma mesin jahit ini modelnya ngga begitu menarik, body-nya kotak aja gitu, dan warnanya abu-abu menurut saya kurang menarik. Hahaha! Tapi meski body kelihatan ngga menarik, justru body Singer Heavy Duty ini sangat kokoh, plat dan kerangka terbuat dari plat besi stainless steel. Jadi, jika punya budget lebih, saya sarankan untuk membeli mesin jahit Singer Heavy Duty 4432. Maksud saya sekalian gitu lho, nanti kalau udah mahir ngga usah upgarde mesin, udah cukup sekali beli tapi bisa dipakai selamanya alias bisa lebih hemat kan?

MESIN JAHIT HIGH SPEED TYPICAL GC 628D

Sesuai dengan namanya, mesin jahit ini speed-nya kenceng yang biasa digunakan untuk produksi masal. Udah dua tahun ini sehari-hari saya jahit pakai mesin jahit ini untuk usah craft saya. Sejak punya mesin jahit high speed Typical GC 628D ini, mesin jahit portable saya pada nganggur :D. Soalnya udah terbiasa jahit cepet udah ngga telaten lagi pakai mesin portable, buang-buang waktu.

Typical GC 628D ini adalah versi terbaru dari Typical versi sebelumnya. Perbedaannya, Typical GC 628D memakai dinamo servo yang ngga berdengung saat diapakai maupun saat ngga dipakai. Kalau tipe sebelumnya tuh berisik banget suaranya, bunyinya keceng bnget meski ngga dipakai mesinnya tetep ngeluarin dengungan, mana ngga ada lampunya dan ngga ada pengaturan speed. Kalau tipe ini sudah dilengkapi dengan lampu yang ada saklarnya, bisa dinyalain atau dimatikan lampunya saat dipakai. Selain itu, Typical GC 628D ini sudah ada LCD kecil dan juga tombol-tombol untuk mengatur speed. Speed terendah atau paling lambat di angka 1500 dan yang paling kenceng di angka 3000. Jadi, meski ini adalah tipe mesin high speed, jika disetting di angka 1500 tetep aja jalannya ngga kenceng-kenceng amat. Masih cocok lah ya untuk dipakai pemula.

Saran saya sih, kalau masih pemula, punya budget lebih, dan selanjutnya pengin buka usaha jahit-menjahit, mending langsung beli Typical GC 628D aja. Karena mesin ini mau dipakai jahit bahan yang paing tipis maupun yang paing tebal tetep lancarrrr, ngga ada halangan. Mau jahit kanvas dobel 4-6 lembar juga kuat! Dengan  harga sekitar 3.6jt udah bisa diakai jahit apa aja dan bisa menghasilkan uang yang ngga terbatas kalau kakak-kakak udah mahir jahit dan terima banyak orderan. Itung-itung anggap aja sebagai modal usaha. Mana setiap tahun harga mesin jahit tuh selalu naik kan. Huhuhu!

Kekurangan mesin jahit ini adalah, body yang super gede, berat banget sangat susah buat geser-geser dan pindah-pindahin. Jauh lebih berat daripada mesin jahit jadul :D. Selain itu, mesin jahit ini Cuma punya satu jenis jahitan yaitu lurus aja. Ngga ada variasi lain. Tapi saya suka sih, malah lebih simple pemakaiannya. Toh sejak saya bisa jahit hingga sekarang, hampir ngga pernah pakai berbagai macam variasi model jahitan yang ada di mesin jahit portable. Jadi, jangan mudah kepincut dengan banyaknya jumlah variasi jahitan ya, karena emang yang paling utama tuh jahitan lurus aja, yang lain hampir ngga pernah kepakai :D.

Jadi, di antara kelima merk dan tipe mesin jahit di atas, mana yang paling saya rekomendasikan? Balik lagi tergantung kebutuhannya, sih. Hahaha! Kalau punya budget lebih bisa beli mesin jahit high speed Typical GC 628D. Kalau low budget dan kepengen yang jenis portable, bisa beli Janome NS311A. Untuk harga pastinya berapa silahkan cek sendiri di market place, ya! Segera beli mesin jahit impianmu dan segera belajar jahit karena menjahit itu salah satu basic life skill yang sebenernya harus dikuasai lho meski cuma bisa jahit lurus engga masalah 🙂

Leave a Reply