DAILY LIFE THOUGHTS

CERITA RAMADAN DAN IDULFITRI 2023

Halo halo, selamat Idulfitri bagi teman-teman yang merayakan. Wow, ngga terasa tau-tau udah Idulfitri lagi. Selama Ramadan kemarin ngga begitu terasa karena saya lebih sibuk bekerja dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu yang lebih banyak bermalas-malasan. Sibuk bekerja dan juga kurang tidur mewarnai hari-hari saya saat Ramadan kemarin. But I’ll miss that moments, huhuu..

Setiap malam di bulan Ramadan, saya selalu susah tidur yang akhirnya tidur terlalu larut. Bahkan suami saya ngga pernah tidur semalaman dan baru akan tidur setelah subuh. Jam tidur berantakan seperti ini membuat hari-hari saya lesu dan kurang bersemangat.

Di samping itu, pagi-pagi saya udah harus bangun untuk menyiapkan dan juga mengantar Ivy sekolah. Kami bagi tugas, saya yang antar, suami yang jemput. Kegiatan rutin yang sebenernya sepele seperti ini kalau dilakukan saat bulan puasa lama-lama males jugaaaa. Untung aja si Ivy ngga pernah mengeluh dan tetap semangat ke sekolah meski dia juga udah full berpuasa.

Banyak momen “bersejarah” yang terjadi saat Ramadan kemarin. Apa aja, tuh? Pertama, Ivy udah berpuasa full dan ngga ada drama sama sekali. Dia sudah paham bahwa berpuasa merupakan rukun Islam dan wajib hukumnya untuk dilakukan. Jadi ngga perlu diiming-imingi reward atau apalah-apalah. Meski sempat bolong beberapa hari karena sakit.

Ke dua, di Twitter saya di-mention sama Yojiro Noda, lol. Beneran kaget, sih, ngga nyangka bakal di-notice sama dia. Karena selama ini saya emang sering iseng reply twit-nya, lebih tepatnya caper, haha! Terus kemarin reply twitnya karena saya minta untuk konser RADWIMPS mendatang kalo bisa jangan pakai venue Basket Haal Senayan GBK, karena tempatnya yang terlalu kecil. Yes, I know, lo sokap minta-minta ke dia buat pindah venue. Tapi kan siapa tau bisa pindah? Takutnya kalau tempat kecil kapasitas penonton jadi sedikit, kalau kapasitas sedikit artinya tiket akan lebih cepat ludes. Ngga nyangka twit saya ramai dan orang-orang juga pada setuju kalau pindah tempat aja. Tetapi kata Yoji, mereka akan mencari kemungkinan lain. Mungkin masih cari alternatif tempat lain maksudnya. Banyak yang masih berharap kalau show akan ditambah menjadi dua hari. Namun sampai saat ini belum ada pengumuman lebih lanjut. We’ll see, ya!

Ke tiga, momen yang saya tunggu-tunggu tiba, yaitu war tiket konser RADWIMPS. Jujyuurr takut banget ngga kebagian tiket, mana saya ngga pernah war tiket sebelumnya. Biasanya baca-baca pengalaman orang-orang war tiket kok ngeri sendiri yaa. Tiket ribuan bisa dalam hitungan menit, bahkan dalam itungan detik udah ludes!

Seneng banget pada akhirnya saya dapat tiket dan 30 Juli nanti saya akan nonton konser RADWIMPS omgggg! Super excited! Bener-bener gemeteran waktu proses beli tiketnya kemarin itu. Pengalaman pertama saya war tiket konser,  yang bener-bener war sendiri tanpa pakai jasa titip, atau bantuan orang lain. Udah gitu tiket cepet banget habis di menit ke enam. Gila, sih! Semoga yang dapet tiket beneran niat mau nonton, bukan para calo tiket. Karena pas saya cek di Twitter langsung banyak dong yang WTS tiketnya, sedih banget padahal yang bener-bener pengen nonton tapi ngga kebagian tiket juga banyak, hikss.

Ke empat, we are FINALLY moving to bigger house. Meski belum 100% jadi, tapi rumah baru kami sudah bisa ditempati. Rumah tersebut sudah sejak lama kami bangun, bangunnya nyicil dikit-dikit karena rumah tersebut super gede, ada tiga lantai utama dan dua lantai mezanine, kalau langsung bangun dari nol sampai jadi uangnya yang ngga ada. Haha!

Karena kami punya banyak teman di luar kota yang kadang berkunjung, temen-temen suami saya dari luar kota yang main band ke Kediri, dan juga tiap tahun kami selalu dijadikan tempat tujuan untuk mudik saudara-saudara dari jauh, jadi sekalian aja lah dibikin gede rumahnya dan dibikin banyak kamar. Karena kasian juga udah jauh-jauh ngga dikasih tempat nginap yang nyaman. Kemarin pembangunan sempet macet dua tahun ngga ada progress sama sekali karena pandemi. Jadi sekarang seneng banget akhirnya bisa lanjut bangun rumah dan udah hampir 100% jadi. Alhamdulillah, salah satu wish list tahun ini sudah terwujud.

Pindahan rumah buat saya agak berat. Karena bagaimanapun rumah menyimpan kenangan tersendiri di dalamnya. Sebenernya rumah kami yang sekarang sangat strategis yang berada di tengah kota. Mau ke mana-mana dekat dan cepat. Tapi lambat laun kok makin ramai ya jalanan, udah gitu jalanan depan rumah juga setiap hari macet. Ditambah barang-barang di rumah makin banyak karena jadi satu sama tempat kerja. Akhirnya kami memutuskan untuk bikin rumah lagi sebagai tempat tinggal yang berlokasi di pinggiran kota, biar lebih sepi dan lebih nyaman aja. Sedangkan rumah lama akan dijadikan tempat untuk workshop aja.

Balik lagi ke perayaan Idulfitri.  Momen lebaran yang selalu saya kangenin adalah kebiasaan saya dan ibu saat malam takbir yang sibuk menata rumah, snacks, dan juga masak-masak berbagai macam makanan untuk dimakan besoknya sebelum berangkat ke masjid. Di samping makan sebelum solat Idulfitri adalah sunnah, biasanya kami memang kelaperan aja jadi pagi-pagi udah pada makan 😀

Sejak kecil hingga sekarang, saya belum pernah merasakan mudik. Ya karena keluarga besar ortu ada di dalam kota aja, malah keluarga besar bapakku rumahnya semua tetanggaan. Setelah menikah pun, hampir semua keluarga suami juga tinggal satu kota. Jadi ngga ada alasan buat mudik, yang ada biasanya saya dijadikan tempat tujuan mudik tiap tahun.

Sebagai orang yang selalu dijadikan tempat tujuan mudik, kadang enak, namun kadang ngga enak juga. Enaknya tentu saja karena seneng ya bisa kumpul bersama keluarga besar. Ngga enaknya karena, sorry to say, sebenernya ngerepotin keluarga yang dijadikan tujuan mudik wkwk. Saat Momen Idulfitri tiap keluarga pasti repot, terus kalau ditambah harus nerima tamu yang stay berhari-hari, itu repot dan capeknya dobel-dobel.

Memang idealnya bagi para pemudik yang mudik ke saudara, paling tidak booking lah tempat menginap. Ngga usah hotel mahal, bisa juga di home stay, atau penginapan yang murah-murah kan sekarang banyak pilihan. Biar kita sama-sama bisa menikamti momen lebaran tanpa saling merepotkan atau mengganggu satu sama lain.

Namun, saya mengerti juga bahwa ngga semua punya budget untuk sewa penginapan. Ya ngga apa-apa, sih, menginap di rumah keluarga asal tau batasan dan juga bisa mandiri. Kadang risih juga kalau yang menginap merasa sebagai tamu agung, yang apa-apa minta dilayani, dan juga ngga mau bantu ngerjain pekerjaan rumah walau hanya mencuci piring dan gelas bekas makan minumnya sendiri. It’s basic manner, btw.

Saya sendiri juga sering menginap di tempat teman atau keluarga saat berada di luar kota, tapi saya berusaha selalu mandiri memenuhi kebutuhan saya sendiri dan menjaga agar tidak merepotkan tuan rumah. Sebagai contoh saya selalu mencuci perlengkapan makan sendiri atau bahkan sekalian saya mencuci piringnya tuan rumah sebagai rasa terima kasih karena sudah dimasakin.

Selain itu, saya selalu membawa bekal sendiri dan juga makanan atau minuman kesukaan Ivy. Biasanya saya bawa teh sachet, kopi sachet, mie instan, snack yang biasanya saya bagi dengan tuan rumah, hingga perlengkapan mandi saya selalu bawa sendiri. Hal-hal sepele seperti itu ternyata membuat tuan rumah merasa senang karena merasa tidak direpotin dan alhasil saya selalu ditawari untuk menginap di rumah mereka. See? Sebenernya hal tersebut basic manners tapi ngga semua orang paham dan sadar diri wkwk.

Saat menginap di rumah orang lain sebaiknya kita paham boundaris atau batasan-batasan mana yang boleh dan mana yang ngga boleh. Di rumah saya sendiri pun saya memiliki batasan-batasan sendiri. Seperti suami saya yang kolektor action fugure, action figure-nya banyak tapi Ivy ngga pernah mainin atau bahkan ngerusakin. Karena sejak awal kami kasih tau kalau itu bukan mainannya dan Ivy pun sudah punya banyak mainannya sendiri. Malah biasanya yang ngerusakin action figure, tuh, anak-anak dari tamu kami, yang udah tau bukan miliknya dan bukan untuk mainan sembarangan tapi sama ortunya ngga ditegur. Pas udah rusak ngga mau ganti. Kayak gini, lho, yang bikin males kalau ada tamu yang ngga ngerti boundaries.

Terakhir, please kalau punya anak balita, anaknya dijaga dan bawain mainannya sendiri. Pernah dulu waktu Ivy masih balita, tiap ada yang mudik ada aja loh mainannya yang dirusakin. Mana ngga diganti pula cuma haha hehe maklum anak kecil. Alhasil kami yang rugi dan mau ngga mau beliin yang baru karena Ivy juga nangis gara-gara mainannya rusak. Hiks.

Last but not least, semoga kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan di taun depan, ya. Momen Idulfitri sebenarnya momen yang membahagiakan, tapi juga ada rasa sedih karena bulan Ramadan telah berakhir. Semoga amal dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan ridho-Nya. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat berlibur dan kumpul bersama keluarga! Hugsss!!